Bento tools, bagian 2

0 Posted by - January 27, 2011 - Bento Art, Tutorial (Indonesia)

Melanjutkan dari bagian 1, sekarang akan dibahas beberapa tools yang cukup standard dan banyak tersedia di toko-toko yang dapat membantu pembuatan bento dan kyaraben. Saat ini ada ratusan tools dan aksesoris khusus bento, kebanyakan dijual dengan harga yang cukup terjangkau (Rp 20.000-an) tapi ada juga beberapa tools yang berharga hampir Rp 200 ribu.

Hampir semua tools dan aksesoris bento dibuat dengan desain lucu dan menarik yang tentu saja membuat kita ingin memiliki semuanya, tentu itu tergantung kemampuan daya beli karena meskipun dijual dengan harga terjangkau, 100 (seratus) tools dan aksesoris seharga Rp 20.000 saja sudah menghabiskan Rp 2 juta. Dahulu saya membeli banyak sekali tools dan menyimpannya saja tanpa membuat satu bento pun sampai berbulan-bulan kemudian dan sampai sekarang pun masih saja ada tools dan aksesoris yang belum pernah dipakai. Sekarang saya sudah dapat mengontrol diri dan hanya membeli tools yang benar-benar berguna saja.

Pikirkan juga untuk membeli kontainer untuk menyimpan tools dan aksesoris bento yang sudah atau akan dibeli karena sebagian besar berukuran kecil dan ada beberapa tools yang terdiri atas beberapa bagian dan mudah hilang apabila tidak disimpan dengan hati-hati.

Dari sekian banyak tools tersebut semuanya dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis:

  • molds, merupakan cetakan untuk membuat onigiri (rice ball), memotong roti, dan mencetak telur (ayam dan puyuh)
  • cutters untuk memotong/mencetak sayuran, ham, roti, dan keju
  • punchers, untuk memotong nori
  • containers untuk saos, kecap, atau furikake (abon Jepang)
  • food picks atau tusuk makanan, dan
  • food dividers atau pembatas makanan

Tentu saja masih ada tools lainnya yang tidak termasuk kategori di atas yang akan dibahas di lain kesempatan, untuk saat ini kita akan membahas tools dan aksesoris yang paling umum dalam pembuatan bento dan kyaraben.

Rice (onigiri) molds

Digunakan untuk mencetak nasi menjadi onigiri (rice ball). Kita selalu dapat membuat onigiri bentuk apapun dengan selembar pembungkus plastik dan tangan kita tapi alat ini memang cukup berguna dan merupakan salah satu yang akan paling sering dipakai bagi sebagian besar pembuat bento.

Onigiri tradisional berbentuk segitiga dan bola dan dibuat dengan tangan (sekarang tentu saja ada juga cetakan untuk membuat onigiri bentuk tradisional). Mungkin karena orang di Jepang bosan dengan bentuk yang itu-itu saja, sekarang banyak cetakan onigiri yang berbentuk bunga, hati, dan berbagai jenis binatang.

Dari sekian banyak ragam bentuknya, cara menggunakan cetakan onigiri relatif sama yaitu dengan memasukkan nasi ke dalam cetakan sampai penuh, kemudian kita masukkan tutup cetakan untuk menekan nasi hingga padat, lalu nasi yang sudah dipadatkan tadi tinggal dikeluarkan. Siapkan juga mangkuk berisi air matang dan sedikit garam untuk membasahi cetakan nasi bagian dalam agar onigiri yang sudah dibuat lebih mudah dikeluarkan dari cetakan. Sesudah onigiri selesai dicetak, kita dapat menambah aneka detail di atasnya dengan potongan nori atau wortel, keju, ham, edamame, dan lainnya.Cetakan ongiri banyak dijual di Daiso dan di bagian barang Jepang pada toko retail besar dengan harga berkisar Rp 25.000 sampai Rp 35.000.

Cutters

Biasanya dijual dalam set berisi 2 atau 3 cutter sehingga kita dapat mencetak berbagai macam bentuk yang disediakan. Sangat berguna untuk membuat hiasan dengan bentuk-bentuk yang disukai anak-anak seperti bintang, hati, bunga, mobil, ikan, awan, dan lainnya. Kita juga dapat membuat pemandangan atau bercerita dengan menggabungkan berbagai jenis bentuk cetakan ke dalam bento yang kita siapkan.

Jenis makanan yang biasa digunakan untuk dicetak antara lain irisan wortel, timun, keju slice, ham, dan roti (biasanya menggunakan cutter yang lebih besar).Kadang kala kita tetap harus menggunakan art knife untuk memotong bentuk-bentuk yang kita inginkan karena tentu saja tidak semua bentuk terdapat pada cutter-cutter tersebut, jadi jangan sampai kreativitas kita terpaku hanya kepada bentuk-bentuk yang ada pada cutter yang kita miliki.

Cutter-cutter ini juga banyak dijual di Daiso dan di bagian barang Jepang pada toko retail besar, harganya berkisar Rp 25.000 sampai Rp 35.000. Untuk beberapa jenis set dapat dicari di penjual bento tools yang banyak bertebaran di facebook.

Punchers

Sekarang ini banyak sekali puncher yang dapat memotong berbagai macam bentuk, biasa digunakan untuk membuat aksesoris scrapbook. Para pembuat bento memakai puncher-puncher tersebut untuk membuat dekorasi bento mereka, hanya saja digunakan untuk memotong nori bukan untuk kertas.

Dengan semakin populernya seni membuat bento dan kyaraben, para produsen Jepang membuat puncher khusus untuk bento makers, yang biasa digunakan untuk menambah detail-detail wajah seperti potongan mata, hidung, dan mulut.

Kita bisa saja menggunakan gunting untuk memotong nori tapi berdasarkan pengalaman saya sulit sekali melakukannya terlebih menggunting bentuk bulat ukuran 5 mm. Apabila Anda berniat untuk serius mendalami pembuatan bento dan kyaraben, puncher berbentuk sepatu (dengan warna hijau dan kuning di paling kiri) mungkin merupakan pembelian terpenting.Usahakan untuk selalu membersihkan puncher setelah pemakaian dengan kain lembab dan keringkan kembali untuk menghindari karat. Apabila sering dipakai maka biasanya puncher akan menjadi berat untuk ditekan, gunakan sedikit minyak sayur untuk mengolesi bagian per (pegas) sehingga menjadi lentur kembali. Apabila puncher menjadi tidak tajam, ambil aluminum foil untuk dipotong-potong (berkali-kali) oleh puncher yang tumpul sebagai pengganti kertas/nori sampai tajam kembali.

Puncher kertas berbentuk potongan bulat bisa dibeli di toko-toko buku dan alat tulis dengan berbagai macam harga. Untuk puncher berbentuk khusus (hati, bunga, dll.) dapat dicari di toko-toko khusus scrapbooking (saya pernah menemukan satu di STC lantai 3) atau di Daiso, harga pun sangat beragam mulai dari Rp 22.000 sampai Rp Rp 150 ribu-an. Sedangkan puncher khusus bento (yang berbentuk sepatu) saya rasa untuk sementara ini baru bisa didapatkan di penjual bento tools di facebook atau toko online lainnya (seperti eBay) dengan harga Rp 150 ribu ke atas.

Food picks

Dengan tusuk-tusuk makanan ini, kita tidak perlu membuat hiasan apapun dan bento kita akan langsung kelihatan menarik, sangat cocok untuk para pembuat bento dengan pola pikir praktis dan tidak mau terlalu repot membuat berbagai macam bentuk dekorasi.Banyak sekali food picks yang sudah pernah saya lihat dan nyaris semuanya berpenampilan lucu dan menarik. Disarankan untuk men-stok banyak jenis karena mudah sekali hilang dan diminta oleh teman anak di sekolah. Dijual per set (biasanya terdapat 10 sampai 20 food picks per bungkus), dapat dibeli di Daiso dan di bagian barang Jepang pada toko retail besar, harganya berkisar Rp 20.000 sampai Rp 30.000.

Containers

Kita memakai kontainer cup sebagai pemisah berbagai jenis makanan agar mereka tidak saling bersentuhan yang dapat membuat makanan-makanan tersebut lebih tidak cepat basi. Kadang kita tidak perlu memakai kontainer sama sekali, tergantung dari jenis-jenis makanan yang kita siapkan ke dalam bento box.

Ada beberapa jenis material yang tersedia untuk kontainer, yaitu dari silikon (tahan lama, bisa dicuci dan dipakai berulang kali, dan bisa dimasukkan ke dalam oven dan microwave), plastik (tahan lama, bisa dicuci dan dipakai berulang kali, tapi tidak bisa dimasukkan ke dalam oven dan microwave), atau jenis sekali pakai yang terbuat dari bahan aluminum foil, plastik, atau kertas.Ada juga jenis kontainer bento untuk menyimpan saus dan kecap berbentuk botol mini dengan berbagai bentuk yang lucu. Sama seperti food picks, botol-botol mini ini pun dapat berfungsi sebagai dekorasi instan untuk mempercantik bento Anda.Untuk container cup silikon dan plastik juga botol-botol mini dapat didapat di Daiso dan di bagian barang Jepang pada toko retail besar, harganya berkisar Rp 20.000 sampai Rp 30.000. Cup sekali pakai banyak dijual di toko-toko peralatan kue dan roti dengan harga yang sangat murah.

Egg molds

Merupakan tools pertama yang saya beli bahkan jauh hari sebelum saya mengenal seni membuat bento dan kyaraben. Rebus telur ayam sampai matang, cepat dinginkan dan kupas dalam keadaan hangat, masukkan telur ke dalam cetakan, kunci, dan diamkan cetakan di dalam lemari es (atau rendam ke dalam air dingin) sekitar 20 menit.

Kekurangan dari cetakan ini adalah kita harus memakai telur dengan besar yang pas untuk mendapatkan bentuk yang benar-benar bagus dan bentuk cetakan yang dihasilkan hanya bertahan beberapa jam saja.Cetakan seperti ini tersedia untuk telur ayam dan telur puyuh, selalu tersedia di Daiso dan di bagian barang Jepang pada toko retail besar, harganya berkisar Rp 20.000 sampai Rp 30.000.

Peralatan di atas merupakan tools yang paling sering dipakai dalam pembuatan bento dan mudah didapat (di kota-kota besar, terutama Jakarta). Tentu saja kita tidak perlu mempunyai semuanya (kecuali nori puncher bagi bento maker yang benar-benar serius) tapi dengan berbagai tools tersebut pasti akan membantu persiapan kita dalam membuat bento dan kyaraben.